Jumat 02 Nov 2012 15:30 WIB

Kemenkes Kembangkan Spa Jadi Wisata Kesehatan

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Hazliansyah
Kantor Kementerian Kesehatan RI.
Foto: hukumonline.com
Kantor Kementerian Kesehatan RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan akan mengembangkan wisata kesehatan berkelas internasional, salah satunya dengan produk spa tradisonal asal Indonesia. Hal ini tidak lepas dari telah dikenal dan diakuinya Spa Indonesia, seperti Java Spa atau Bali Spa di kalangan Internasional.

“Kita tahu dunia sedang krisis, pelayanan kesehatan menjadi mahal di negara asing. Saat ini sedang dicari pelayanan kesehatan yang bermutu tapi murah, kita punya pasarnya,” kata Kepala Pusat Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan sekaligus Kepala Pokja Health Tourism, Untung Suseno dalam jumpa pers di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (2/11).

Spa asal Indonesia, lanjutnya dianggap sebagai jasa pelayanan spa terbaik di dunia. Indonesia juga sudah dinobatkan sebagai pusat spa dunia sejak dua tahun lalu.

Dalam pelayanan spa di dunia, tidak jarang kita akan menemukan spa asal Indonesia seperti Java Spa dan Bali Spa. Ia menyontohkan saat berkunjung ke Hungaria. Di salah satu negara Eropa bagian timur itu ia menemukan Spa Bali dalam salah satu pelayanannya.

Tenaga jasa Spa Bali tersebut juga berasal dari Indonesia meskipun sang pemilik bukan merupakan orang Indonesia.

“Kita punya pasar untuk spa sekitar 400 miliar Dolar AS. Ini potensi kita yang sangat besar dan harus dikembangkan,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement