Jumat 02 Nov 2012 00:02 WIB

Polisi Usut Provokator Kerusuhan Batangtoru

Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kepolisian Daerah Sumatera Utara mensinyalir adanya aktor intelektual dalam kerusuhan di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Aktor intelektual atau provokatornya sudah teridentifikasi," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Heru Prakoso di Medan, Kamis malam.

Memang, kata Heru, pihak kepolisian telah menetapkan status tersangka dan menahan 12 warga yang terlibat dalam kerusuhan tersebut.

Namun dari proses pemeriksaan dan penyelidikan yang dilakukan, pihak kepolisian menduga ada aktor intelektual dalam peristiwa yang terjadi pada Selasa (30/10) tersebut.

Karena itu, pihaknya akan mengembangkan penyelidikan atas peristiwa yang berawal dari penolakan atas pemasangan pipa milik PT Agincourt Resources yang bergerak dalam penambangan emas di Batangtoru tersebut.

"Tim penyidik akan mengembangkan kasus tersebut," kata mantan Kapolres Tebing Tinggi itu.

Sebelumnya warga Kecamatan Batangtoru melakukan unjuk rasa dan melakukan pemblokiran jalan sebagai bentuk protes atas pemasangan pipa milik PT Agincourt Resources.

Ketika kembali ke rumah masing-masing, warga melakukan pelemparan terhadap kantor Polsek dan Kecamatan Batangtoru.

Pihak kepolisian mengamankan 37 warga yang 12 orang di antaranya dinyatakan sebagai tersangka dan ditahan karena dianggap terlibat dalam aksi anarkis tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement