Ahad 28 Oct 2012 09:37 WIB

Pendaki Prancis Liburan Idul Adha di Gunung Merapi

Gunung Merapi
Foto: endriwidodo.blog.ugm.ac.id
Gunung Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Jumlah pendaki di Gunung Merapi melalui pintu pendakian di Plalangan, Desa Lencoh, Kabupaten Boyolali, pada masa liburan Idul Adha mengalami peningkatan.

"Jumlah pendaki ke puncak Gunung Merapi melalui Des Lencoh, Kecamatan Selo, pada masa liburan ini mengalami peningkatan sekitar 37,9 persen dibanding pekan sebelumnya," kata anggota Tim SAR "Barameru" Desa Lencoh, Samsuri, di Boyolali, Minggu.

Jumlah pendaki ke Merapi sejak Sabtu (27/10) petang hingga Minggu dini hari yang mendaftar di base camp Plalangan mencapai sekitar 200 orang. Sedangkan pada minggu sebelumnya, hanya sekitar 145 orang.

Kenaikan jumlah pendaki ke Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta tersebut, kata dia, karena bersamaan hari libur. Kondisi cuaca kawasan lereng juga cukup bagus untuk pendakian.

Para pendaki datang dari sejumlah daerah antara lain, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Solo, dan lokal Boyolali. Bahkan, pendaki ke puncak Merapi ada yang dari mancanegara seperti Singapura dan Prancis.

"Pendaki dari luar negeri itu naik ke puncak Merapi dengan dipandu oleh warga lokal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement