Rabu 24 Oct 2012 22:49 WIB

Lima Perusahaan Ajukan Penerus Dewaruci

KRI Dewaruci berlabuh di Medan
Foto: Antara/Septianda Perdana
KRI Dewaruci berlabuh di Medan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- TNI AL sebelumnya telah mengerucutkan lima nama perusahaan calon pembuat pengganti kapal Dewaruci. Penyerahan rekomendasi sebelumnya telah dilakukan oleh TNI AL ke Kementerian Pertahanan namun dikembalikan karena dinilai kurang layak.

Kini dalam rekomendasi kedua di dalamnya masih terdapat  tiga perusahaan sama yang sebelumnya ditolak. Dalam rekomendasi sebelumya terdapat lima perusahaan.

Lima perusahaan yang sebelumnya bersaing untuk direkomendasikan menjadi calon pembuat kapal Dewaruci adalah Ostilleros Gondad dari Spanyol, Bumar SP Z.O.O asal Polandia, Icon Yachts dari Belanda, Freire Shipyard dari Spanyol dan DSNS Belanda.

Dari nama tersebut, Ostilleros memiliki penawaran harga terendah dengan 53,18 juta dollar Amerika namun hanya memiliki panjang kapal 78 meter, sementara Freire Shipyard mengajukan kapal dengan panjang 110 meter namun dengan harga 74,7 juta dolar AS.

Bumar mengajukan penawaran sebesar 64,7 juta dolar dengan panjang kapal dibuat 78 meter. DSNS Belanda mengajukan penawaran dengan nilai 75,9 juta dolar untuk kapal sepanjang 96 meter.

Sedangkan Icon Yachts mengajukan penawaran sebesar 68,9 juta dolar dengan rincian kapal sepanjang 107 meter dan lama pembuatan 18 bulan serta memastikan kesanggupan pembuatan dengan melibatkan banyak bahan baku dan sumber daya manusia dari dalam negeri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement