Rabu 24 Oct 2012 13:19 WIB

Tiket Kereta Selama Libur Idul Adha Ludes Terjual

kereta api ekonomi
Foto: aditya pradana putra
kereta api ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Tiket sejumlah kereta api kelas ekonomi di wilayah Daerah Operasi IX Kabupaten Jember, Jawa Timur, selama libur panjang Hari Raya Idul Adha terjual habis.

Manajer Humas PT Kereta Api Daop IX Jember, Gatut Sutiyatmoko, Rabu, mengatakan tiket kereta kelas ekonomi KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang sudah terjual habis untuk keberangkatan pada Kamis (25/10) hingga Ahad (28/10).

"Tiket KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta hingga Ahad (28/10) juga terjual habis, namun untuk kelas ekonomi AC masih ada sekitar 10-20 persen," tuturnya.

Tiket KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto untuk keberangkatan Kamis (25/10) hingga Minggu (28/10) sudah terjual berkisar 70-90 persen, sedangkan kereta komersial untuk kelas bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya selama libur Idul Adha sudah terjual sebanyak 60 persen.

"Pemesanan tiket kereta hingga saat ini masih terus berjalan dan kemungkinan tiket kereta sejumlah rangkaian KA di Daop IX Jember akan terjual habis dalam waktu dekat," tuturnya.

Untuk tiket KA yang sudah terjual habis, kata dia, petugas loket sudah tidak bisa melayani pemesanan tiket secara langsung di sejumlah stasiun karena tiket KA yang bersangkutan sudah terjual habis hingga beberapa hari ke depan.

Menurut Gatut, tiket sejumlah kereta api kelas bisnis, eksekutif dan ekonomi terjual habis sebelum hari keberangkatan karena penumpang bisa memesan dan membeli tiket KA jauh-jauh hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Penumpang KA kelas ekonomi bisa memesan atau membeli tiket tujuh hari sebelum hari keberangkatan, sedangkan penumpang kelas bisnis dan eksekutif bisa membeli tiket 40 hari sebelum hari keberangkatan," katanya menjelaskan.

PT KAI Daop IX Jember, lanjut dia, sudah menyiapkan kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Hari Raya Idul Adha dan memaksimalkan rangkaian kereta komersial bisnis dan eksekutif KA Mutiara Timur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daya tarik lokomotif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement