Selasa 23 Oct 2012 23:23 WIB

Stadion Baru Persija Kemungkinan Dibangun di Jakarta Utara

Persija Jakarta
Persija Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun stadion baru untuk Persija Jakarta, menyusul rencana dibongkarnya Stadion Lebak Bulus yang akan dijadikan depo Mass Rapid Transit (MRT).

Stadion baru Persija itu rencananya akan dibangun di Jakarta Utara. "Stadion kemungkinan akan dibangun di atas lahan eks Taman BMW di Jakarta Utara," jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono, di Jakarta, Selasa (23/10).

Namun, lanjut Ratiyono, kepastian pembangunan stadion menunggu keputusan yang bersifat incrah dari pengadilan, mengingat lahan tersebut masih berstatus sengketa.

"Kalau lahan tersebut sudah dinyatakan sebagai aset DKI, pembangunan stadion di eks Taman BMW akan mulai dianggarkan dalam beberapa tahun anggaran atau multi years. Untuk tahap awal, atau persiapan, diperkirakan anggaran Rp 300 miliar dari total Rp 1,5 triliun," tuturnya.

Menurut Ratiyono, sayembara desain stadion, masterplan dan Analisis Mengenai dampak Lingkungan (Amdal) stadion tersebut telah rampung sejak 2009.

Sedangkan Detail Engginering Design (DED) dan Rincian Anggaran Belanja (RAB) rampung pada 2010 dilanjutkan pematangan lahan pada 2012.

"Diharapkan konstruksi dilaksanakan pada tahun 2013. Bila berjalan sesuai jadwal, pembangunan stadion di Taman BMW dioperasikan pada 2016 mendatang," paparnya.

Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta, Sri Rahayu menambahkan, sengketa lahan eks Taman BMW saat ini sudah dimenangkan Pemprov DKI Jakarta di tingkat Pengadilan Tinggi DKI.

"Pemprov DKI masih menunggu penggugat mengajukan kasasi ke MA atau tidak. Kalau tidak ya kami bisa segera jadikan aset itu sebagai milik Pemprov DKI," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement