Selasa 23 Oct 2012 15:09 WIB

20.000 OMDK Dipasung karena Malu

Pasung
Foto: blogspot
Pasung

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kementerian Kesehatan mencatat sekitar 20 ribu jiwa atau orang dalam masalah kejiwaan (ODMK) berat dipasung oleh keluarganya dan masyarakat. Mereka dipasung dengan alasan sering mengamuk atau keluarganya merasa malu.

"Ada sekitar 18 ribu sampai 20 ribu ODMK berat yang dipasung oleh pihak keluarga dan masyarakat dari pendataan dan laporan yang masuk ke kami tahun ini," kata Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes, Diah Setia Utami, kepada Antara, Selasa.

Diah mengatakan arti dipasung ini adalah mereka yang direnggut kebebasannya. Mereka bukan hanya sebatas dirante atau dipasung dengan kayu. Tetapi, mereka bisa saja seperti dikurung atau cara lainnya sehingga hak-haknya orang tersebut terabaikan.

Padahal, perilaku seperti ini bukannya bisa mengembalikan kesehatan jiwanya. Tapi, pemasungan justru bisa memperparah penyakit kejiwaan orang tersebut.

 

Lebih lanjut, seharusnya ODMK berat ini diberi perhatian dan pengobatan yang cukup dari pihak keluarga maupun masyarakat disamping pelayanan dari pihak Dinas Kesehatan.

"Pemasungan bukan solusi dengan alasan apapun,'' katanya. ''Tetapi, pengobatan yang cukup dan berlanjut serta perhatian bisa mempercepat penyembuhan si penderita."

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement