Senin 22 Oct 2012 15:55 WIB

Dituding BPK tak Efisien, Ini Komentar PLN-Pemerintah

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Dewi Mardiani
Dirut PLN Nur Pamudji
Foto: Republika/Wihdan
Dirut PLN Nur Pamudji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PLN dan pemerintah memiliki alasan sendiri saat dikonfirmasi tentang tudingan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menilai PLN tak efisien. Saat ditemui di DPR, Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengaku inefisiensi itu terjadi karena berbagai persoalan.

"Sebenarnya laporan yang dipermasalahkan itu tahun 2009 hingga 2010," tegasnya, Senin (22/10). Ia menuturkan salah satu masalahnya karena PLN tidak mendapat pasokan gas.

Menurutnya BPK menuding PLN gagal mengupayakan gas, sehingga membuat triliunan dana tak bisa dihemat. "PLN katanya gagal mengupayakan pemenuhan gas," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM, Rudi Rubiandini, enggan berkomentar banyak tentang hal ini. "Nanti ya Rabu (24/10) baru bisa diterangkan. Sekarang belum boleh dibuka," katanya. Namun, ia membenarkan persoalan ini akibat tata niaga gas. Menurutnya PLN sulit mendapatkan gas akibat barang yang tidak ada.

Pasalnya dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 tahun 2010, PLN bukan prioritas yang mendapatkan gas. Di mana PLN berada di posisi ketiga setelah minyak dan pupuk.

Hal senada juga diakuir Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) R Priyono. "Kami kalau memberi gas mengikuti peraturan menteri tidak bisa sembarangan," jelasnya.

Ia pun menampik anggapan BP migas sembarangan dalam mengatur pemberian gas. "Kami jawab, kami tak sembarangan dalam urusan ini. Kami sudah sanggah temuan BPK," tegasnya.

Sebelumnya, hasil audit BPK menunjukan PLN kehilangan kesempatan untuk melakukan penghematan biaya bahan bakar hingga Rp 37,60 triliun. Ini terjadi selama 2009 hingga 2010 lalu. Untuk 2009 misalnya, PLN kehilangan kesempatan berhemat hingga Rp 17,90 triliun. Sedangkan di 2010 lalu, BUMN ini kehilangan kesempatan berhemat hingga Rp 19,70 triliun.

BPK menilai PLN sebagai pemasok listrik belum bekerja optimal. Penghematan dianggap gagal karena tidak mampu memenuhi kebutuhan gas sesuai volume dan spesifikasi teknis yang dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement