Jumat 19 Oct 2012 13:36 WIB

Pemerintah Inggris Jamin Kemananan Presiden SBY

Rep: esthi maharani/ Red: Taufik Rachman
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Antara
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas undangan Ratu Inggris, Elizabeth II dibayang-bayangi aksi protes dan penangkapan oleh organisasi Free West Papua Campaign.

Kelompok ini yang menginginkan Papua merdeka ini mengajukan gugatan terhadap pemerintah indonesia ke pengadilan tinggi inggris Namun, pemerintah Inggris menjamin keamanan pada saat kedatangan Presiden SBY pada 31 Oktober nanti.

Juru bicara kedutaan besar Inggris di Jakarta, Faye Belnis mengatakan gugatan tersebut tidak punya implikasi apapun terhadap Presiden SBY. “Sebagai Kepala Negara, Presiden SBY memiliki kekebalan terhadap gugatan penangkapan, penahanan, ataupun tuntutan pengadilan,” katanya, Jumat (19/10).

Belnis mengatakan Inggris menjamin kebebasan berpendapat sehingga tak bisa menghalangi aksi Free West Papua Campaign. Namun, Inggris, kata dia, mendukung sepenuhnya kedaulatan Indonesia terhadap Papua. “kami tidak mendukung gerakan separatis,” katanya.

Berbeda dengan tudingan kejahatan kemanusiaan, pemerintah Inggris justru menilai perlindungan hak asasi manusia di Indonesia ini sudah jauh lebih baik. Menurut Belnis undangan dari Ratu Inggris Elizabeth II juga bentuk pengakuan kemajuan demokrasi indoensia.

Untuk diketahui, beberapa bulan lalu ada aksi dari kelompok Free West Papua Campaign. Mereka mengadakan sayambara berhadiah untuk menangkap Presiden SBY saat berkunjung ke Inggris. Mereka menuntut Papua merdeka dan meminta pengadilan tinggi Inggris menyidangkan klaim pembantaian massal alias genosida di Papua. Esthi Maharani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement