Jumat 19 Oct 2012 11:18 WIB

Figur Sejati Mampu Kalahkan Mesin Partai

Gubernur DKI Jakarta, Jokowi Widodo alias Jokowi
Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta, Jokowi Widodo alias Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Dewan Pelaksana Badan Penelitian dan Pengembangan DPP Partai Golkar Indra Jaya Piliang, mengatakan rakyat saat ini memerlukan figur sejati sebagai pemimpin karena kepercayaan terhadap partai politik semakin menurun.

"Figur saat ini sudah lebih dominan dibandingkan partai politik. Figur menentukan kemenangan dalam pemilihan dibandingkan mesin partai," kata Indra Jaya Piliang di Jakarta, Jumat.

Indra Jaya Piliang menjadi salah satu pembicara dalam talkshow DPD RI Perspektif Indonesia "Adu Figur atau Adu Figur?" yang diadakan di Pressroom DPD RI.

Figur sejati itu, kata Indra, ada pada sosok Joko Widodo yang berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Menurut dia, Jokowi tampil apa adanya dan tanpa dibuat-buat.

"Jokowi itu pintar, keras dan bisa mengambil keputusan. Hanya saja dia sering berpura-pura tidak bisa mengambil keputusan, tetapi itu bukan dibuat-buat," katanya.

Indra mengatakan Jokowi termasuk tokoh yang mampu memahami situasi yang dia hadapi. Di benaknya selalu ada pemikiran untuk kemajuan daerah yang dia pimpin dan nasional.

"Gabungan karakter yang ada pada diri Jokowi itulah yang diperlukan Indonesia ke depan. Namun, kemunculan Jokowi pun pada momentum yang tepat saat rakyat menginginkan perubahan," tuturnya.

Namun, menurut dia, kemunculan Jokowi dalam pemilihan gubernur DKI bukan tanpa proses. Sebab, sebagai tokoh dari daerah, tidak semua warga Jakarta mengenal dia.

Karena itu, dia menilai tetap ada proses yang mendorong kemunculan Jokowi sebagai calon gubernur di DKI Jakarta. Namun, kemenangan yang dia raih tetap tak bisa lepas dari figurnya.

"Kemenangan Jokowi itu membuktikan bahwa figur yang sejati dapat mengalahkan mesin partai. Dia berhasil mengalahkan calon yang didukung banyak partai," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement