Rabu 17 Oct 2012 11:25 WIB

Peluang Dede Yusuf di Jabar Berat

Dede Yusuf
Foto: Republika
Dede Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bagaimana Peluang Dede Yusuf menjadi gubernur Jawa Barat? Pengamat politik dari Universitas Indonesia Prof Iberamsyah memperkirakan peluangnya  Dede Yusuf yang saat ini digadang-gadang Partai Demokrat sebagai calon gubernur Jawa Barat, akan sama seperti Fauzi Bowo (Foke) yang kalah dalam pilkada Jakarta.

Iberamsyah menjelaskan dalam kondisi seperti saat ini, ada banyak orang di Partai Demokrat yang sedang kecewa sehingga mesin partai yang diharapkan mampu mendongkrak suara untuk Dede Yusuf dipastikan tidak akan berjalan lancar.

Menurut dia, seharusnya Dede Yusuf tetap bertahan di partai sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN), dan tidak berpindah-pindah partai seperti sekarang ini.''Karena dengan pindah partai, orang akan mengukur dan memberikan penilaian negatif bahwa dia seorang yang haus dengan kekuasaan dan tidak punya loyalitas pada partai yang telah membesarkannya, apalagi loyalitas kepada rakyatnya. Di sinilah risiko orang-orang yang pindah partai,'' ujarnya.

Ia melanjutkan, secara hukum tidak ada larangan bagi seseorang untuk pindah-pindah partai. Namun dari sisi etika berpolitik masih dinilai kurang baik.

Iberamsyah mengatakan bahwa untuk maju sebagai kandidat gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf hanyalah bermodal popularitas. Sementara peranan dia selama ini sebagai wagub yang mendampingi Ahmad Heryawan tidak terlihat sama sekali. "Tidak ada prestasi yang bisa dibanggakan. Padahal, wilayah Jawa Barat itu sangat luas dan berat, sehingga dibutuhkan seorang tokoh yang memiliki kemampuan memimpin dan memiliki kapasitas yang dibutuhkan oleh orang-orang Jawa Barat," ujarnya.

Ia menambahkan untuk saat ini di Jawa Barat belum ada tokoh-tokoh sekaliber seperti mantan Gubernur Jabar Solihin GP atau Aang Kunaefi.

         

Iberamsyah justru memberikan nilai positif terhadap keberadaan Teten Masduki yang juga dicalonkan oleh partai lain untuk maju sebagai calon Gubernur Jabar. "Teten memiliki nilai jual, karena dia figur yang dikenal bersih," ujarnya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement