Rabu 10 Oct 2012 20:02 WIB

Mentan Diminta Copot Dirjen yang tak Becus Kerja

Menteri Pertanian Suswono
Foto: Republika/Agung
Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi IV yang membidangi pertanian di DPR RI, Viva Yoga Mauladi mendesak Menteri Pertanian, Suswono segera mengganti para Dirjen di Kementerian Pertanian yang tidak becus bekerja.

Viva beralasan jika tidak segera diganti, maka program pemerintah yang sudah disusun bakal tersendat. “Daripada dibiarkan kemudian yang dirugikan jutaan petani, lebih baik ya segera diganti saja," sebutnya di Jakarta, Selasa (9/10) kemarin.

Suwono disebut Viva memiliki kekuasaan dalam menggunakan anggaran, sehingga tidak mungkin mengurusi hal teknis soal tender. "Tugas itu sudah didelegasikan pada para Dirjennya, jadi kalau bikin ruwet ya ganti saja," imbuhnya.

Viva mengaku prihatin karut marutnya pengadaan paket pupuk tahun anggaran 2012 di Kementan. Imbasnya membuat penerimaan pupuk subsidi di kalangan petani terlambat.

“Bagaimana program ketahan pangan yang menargetkan untuk sepuluh juta ton surplus beras bisa terealisasi, jika ditingkat pengadaanya sudah ribut,” keluh politisi PAN ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement