Selasa 09 Oct 2012 16:27 WIB

LPS: Simpanan Bank Didominasi Orang Kaya

Rep: A.Syalaby Ichsan/ Red: Hafidz Muftisany
Ketua Dewan Komisioner LPS C Heru Budiargo
Foto: Republika/Wihdan
Ketua Dewan Komisioner LPS C Heru Budiargo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Simpanan masyarakat di perbankan ternyata masih didominasi orang kaya. Meski jumlahnya sedikit, simpanan dengan besaran lebih dari Rp 2 milliar mendominasi prosentase total simpanan perbankan dengan angka 53,01 persen.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Heru Budiargo, mengungkapkan rekening tersebut tidak dijamin oleh LPS."Ini hal yang menarik karena cukup sedikit orang kaya tetapi kekayaannya bukan main, mencapai 53 persen dari nasabah perbankan secara nasional," ujar Heru saat rapat dengar pendapat dengan komisi IV DPD, Jakarta, Selasa (9/10).

Heru menjelaskan total simpanan di atas Rp 2 milliar sebanyak Rp 1.595 triliun. Sedangkan, untuk simpanan dengan nominal Rp 2 milliar ke bawah mencapai Rp 1.414 triliun (49,99 persen). Meski demikian, rekening dengan nilai di atas Rp 2 milliar jauh lebih sedikit dibanding dengan nominal Rp 2 milliar ke bawah.

Menurutnya, terdapat 173, 53 rekening dengan besaran di atas Rp 2 milliar. Sementara, terdapat 110.837 simpanan dengan nilai Rp 2 milliar ke bawah.Heru menjelaskan LPS hanya menjamin  simpanan yang mencapai Rp 2 milliar atau dibawahnya.

Pasalnya, tutur Heru, besaran simpanan yang dijamin LPS hanya sebatas Rp 2 milliar. "Termasuk rekening yang nilainya di atas Rp 2 milliar karena tetap dijamin Rp 2 milliar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement