Selasa 09 Oct 2012 10:22 WIB

Mentan Minta Pemeriksaan Hewan Kurban Diperketat

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Hafidz Muftisany
Menteri Pertanian Suswono
Foto: Republika/Agung
Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Suswono mengatakan berdasarkan laporan dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian stok pangan menjelang Idul Adha relatif aman. 

Akan tetapi, terdapat salah satu komoditas yang harus dilakukan importasi demi memenuhi kebutuhan dalam negeri yaitu kedelai.  "Untuk yang lain-lain aman.  Tidak perlu khawatir," tutur Suswono kepada wartawan di Jakarta.

Khusus untuk hewan kurban seperti sapi dan kambing yang akan disembelih oleh masyarakat pada Idul Adha nanti, Suswono menyebut telah menginstruksikan kepada setiap daerah untuk melakukan kontrol terhadap hewan-hewan yang akan disembelih.  Tujuannya agar tidak ada yang terkena penyakit-penyakit membahayakan seperti zoonosis. 

"Pemeriksaan kita sangat ketat.  Kita pastikan mereka bekerja untuk itu," ujar Suswono.

Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini mengatakan Badan Karantina akan terus melakukan pengawasan terhadap komoditas pangan di pintu masuk dan pintu keluar distribusi.  "Khususnya pada aspek kesehatan pada produk yang dimasukan," tutur Banun.

Sedangkan untuk peternak dan pelaku usaha yang kerap ditemui ditepi jalan, Banun menyebut kewenangan itu berada di tingkat Dinas Peternakan setempat.  Peredaran di daerah itu, lanjut Banun, harus diketahui asal muasalnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement