Ahad 07 Oct 2012 21:43 WIB

Budidaya Jangkrik Diminati Penggemar Ikan

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Budidaya jangkrik bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Karena, permintaan jangkrik di pasaran tidak pernah berhenti setiap bulannya.

"Baik sebagai usaha sampingan maupun usaha skala besar, budidaya jangkrik ini cukup menjanjikan. Sebab jangkrik saat ini tidak hanya sebagai pakan burung dan ikan, tetapi juga sebagai bahan baku industri," kata pembudidaya jangkrik, Sayom, di Karawang, Sabtu.

Bibit bisa dibeli di wilayah Karawang dengan harga Rp 20.000 per ons. Setelah tumbuh besar dan siap dipasarkan, jangkrik itu dijual Rp 200.000 per kilogramnya. Setiap 3 ons bibit telur jangkrik setelah panen biasanya menjadi 13 kilogram jangkrik.

Melakukan budidaya jangkrik bukan sesuatu yang sulit. Semua orang bisa dengan mudah belajar budidaya jangkrik.

''Peluang usaha jangkrik saat ini tengah digemari para penggemar burung dan ikan,'' kata Sayom. ''Pada awalnya, mereka sangat tergantung pada jangkrik yang berasal dari alam. Tetapi, lama kelamaan mereka mengembangkan budidaya jangkrik untuk keberlangsungan burung dan ikan peliharaannya.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement