Rabu 03 Oct 2012 16:53 WIB

Seskab: Jangan Mau Didikte Soal Anggaran

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hafidz Muftisany
Sekretaris Kabinet, Dipo Alam
Foto: Antara
Sekretaris Kabinet, Dipo Alam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Kabinet (Seskab), Dipo Alam mengatakan sudah membuat surat edaran. Surat tersebut ditujukan untuk semua kementerian dan kepala lembaga pemerintahan non kementerian. Isinya tak lain ‘peringatan’ agar jajaran pemerintahan menghindari kongkalikong anggaran.

“Oleh karena itu saya sengaja buat surat edaran kemarin hari Jumat untuk semua kementerian dan kepala lembaga pemerintah non kementerian agar menghindari kongkalikong dalam penyusunan anggaran,” katanya seperti dikutip situs www.setkab.go.id

Ia mengingatkan agar jajaran pemerintahan tidak kongkalikong baik dengan para rekanan maupun dengan oknum anggota DPR dalam penyusunan anggaran. Seskab menegaskan, kerjasama dengan DPR tetap harus dilakukan karena itu bagian tugas pemerintah. Tapi diingatkan, jangan sampai para pejabat bisa didikte dalam penyusunan anggaran.

Menurutnya, sekarang banyak dibalik-balik seolah-olah orang lupa pada UU Keuangan Negara, bahwa penyusunan anggaran ini sepenuhnya milik DPR. “Tidak. Ini maunya kita bersama. Jadi dalam persetujuan nanti di DPR kalau kita dirayu, ditekan, itu tidak perlu,” ungkapnya.

Sebelumnya, ditemui Republika di kantornya, Dipo mengatakan ingin mengajak parpol untuk ikut memberantas korupsi. Menurutnya, parpol memiliki peran dalam hal tersebut. Apalagi adanya fakta yang menyebutkan kebanyakan pejabat yang tersangkut kasus korupsi berasal dari parpol. “Pemberantasan korupsi mulai dari parpol,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement