Rabu 03 Oct 2012 16:15 WIB

LIPI: Jumlah Tumbuhan Indonesia Terancam Punah Meningkat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Jumlah tumbuhan terancam punah di Indonesia meningkat menjadi 1,7 persen dibandingkan kondisi pada tahun 2010. Demikian kata Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI, Prof Bambang Prasetya, di Girya Anggrek Kebun Raya Bogor, Rabu.

"Berdasarkan data 'International Union for Conservation of Nature (IUCN)', Indonesia berada pada peringkat keempat bersama Brazil sebagai negara dengan jumlah tumbuhan terancam punah yang tertinggi di dunia. Sebanyak 393 jenis tumbuhan tercatat dalam ancaman kepunahan," katanya.

Berdasarkan catatan penilaian para ilmuwan, peningkatan jumlah tumbuhan terancam kepunahannya dipengaruhi oleh kondisi di Indonesia. Meningkatnya jumlah tumbuhan yang terancam punah telah menimbulkan kekhawatiran. Belum lagi karena Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat keterancaman kepunahan tumbuhan yang tertinggi di dunia.

"Oleh karena itu, kita memerlukan sebuah instrumen yang dapat mengakomodir upaya konservasi tumbuhan secara komprehensif dan terintegrasi mulai dari tingkat ekosistem sampai genetik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement