Rabu 03 Oct 2012 12:47 WIB

Dahlan: Indonesia Maju 15 Tahun Lagi

Menteri BUMN Dahlan Iskan
Foto: Antara
Menteri BUMN Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan optimistis dalam waktu 15 tahun mendatang, Indonesia akan naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju.

"Saya punya mimpi untuk Indonesia, yaitu naik kelas menjadi negara maju dalam waktu 15 tahun mendatang dan 15 tahun itu bukan waktu yang lama," kata Dahlan Iskan saat menjadi pembicara Studium General Lustrum XIV SMA Negeri 3 Yogyakarta di Yogyakarta, Rabu (3/10)

Menurut dia, keyakinannya tersebut didasarkan pada proyeksi perkembangan perekonomian Indonesia sejak 15 tahun lalu hingga saat ini. Ia mengatakan, 15 tahun lalu, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia rata-rata sekitar 100 dolar AS dan saat ini sudah meningkat cukup tajam hingga mencapai 3.500 dolar AS.

"Jika pendapatan per kapita itu diproyeksikan dalam waktu 15 tahun yang akan datang, maka sangat mungkin pendapatan per kapita mencapai 10.000 dolar AS," katanya.

Selain adanya peningkatan pendapatan per kapita yang cukup tinggi, jumlah kendaraan atau mobil di Indonesia juga akan mengalami kenaikan paling tidak dua kali lipat, dan penumpang pesawat terbang juga akan mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat.

"Memang ada kemungkinan Indonesia gagal menjadi negara maju. Itu akan terjadi jika faktor penyebabnya tidak dihilangkan dalam waktu lima tahun ke depan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement