Kamis 27 Sep 2012 23:33 WIB

Sekarang Zamannya Sarjana Ciptakan Lapangan Kerja

Rep: Lingga Permesti/MJ06/ Red: Karta Raharja Ucu
Para pencari kerja melihat informasi lowongan kerja pada sebuah bursa kerja.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Para pencari kerja melihat informasi lowongan kerja pada sebuah bursa kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pola pikir masyarakat Indonesia masih sebagai pencari kerja atau ingin menjadi karyawan. Artinya, ketika selesai kuliah, para sarjana sibuk mencari pekerjaan bukan menciptakan lapangan pekerjaan.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR Ibnu Multhazam, mindset itu harus diubah. Ia mengimbau motivasi mahasiswa ketika masuk kuliah yang biasanya bertujuan untuk mencari pekerjaan diganti dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Orientasi bahwa sarjana untuk mencari kerja diharapkan dapat diminimalisir. Mulai hari ini, buang jauh-jauh pikiran untuk menjadi buruh pekerjaan, ujar Ibnu pada acara puncak peringatan Hari dan Lahir Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan 2012 di Lapangan Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) Unpad, Jatinangor, Bandung, Rabu (26/9).

Sementara Rektor Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia mengatakan saat ini kesadaran masyarakat akan kebutuhan pangan hewani terus meningkat. "Oleh karena itu, bekerja di dunia ternak saat ini merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan,” ungkap Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement