Selasa 25 Sep 2012 13:06 WIB

Anggaran Kemenhut Baru Terserap 37 Persen

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Hafidz Muftisany
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan
Foto: Antara
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggaran kementerian kehutanan baru terserap 37,05 persen hingga bulan Agustus 2012. Penyerapan ini di bawah rata-rata penyerapan nasional yang mencapai 45,8 persen.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan sisa waktu sekitar 60 hari kerja akan dimanfaatkan untuk menggenjot penyerapan hingga 90 persen. Tahun depan, anggaran ditargetkan bisa terserap hingga 95 persen.

Ia menuturkan, parameter keberhasilan kementerian salah satunya ditentukan oleh penyerapan anggaran. Jika penyerapan anggaran kurang, lembaga akan dikenai rapor merah dan akan sulit untuk mendapatkan tambahan anggaran pada tahun berikutnya.

Penyerapan anggaran, kata dia difokuskan untuk indikator kinerja yang lebih utama. Perjalanan dinas akan dikurangi dan dialokasikan untuk alokasi belanja modal serta pemberdayaan masyarakat.

Ia mengatakan anggaran perjalanan dinas akan dialihkan untuk pembangunan infrastruktur di kawasan taman nasional. Zulkifli mengklaim sudah memotong hampir 40 persen dari anggaran perjalanan dinas sejak tahun 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement