Sabtu 15 Sep 2012 14:02 WIB

Presiden: Era Masa Depan Milik Pasifik

Rep: Harun Husein/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sail Morotai 2012
Foto: paguntakacity.blogspot.com
Sail Morotai 2012

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI--Masa depan dunia diprediksi beralih ke kawasan Asia Pasifik."Geopolitik dan geoekonomi dunia telah bergeser. Masa lalu adalah era Mediterania, masa kini adalah era Atlantik, dan ke depan adalah era Pasifik," kata Presiden pada acara puncak Sail Morotai 2012, di Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sabtu (15/9).

Karena itulah, kata Presiden, perhelatan Sail Morotai 2012 menjadi moment penting memperkuat Indonesia di kawasan Pasifik. "Morotai berada di jalur pertemuan kekuatan politik Asia timur dan pasifik," kata Presiden.

Karena kekuata posisi geopolitiknya, Presiden mengatakan pulau terlua di utara Indonesia, ini, di masa lalu merupakan mandala peperangan. Pulau yang digambarkan berada di bibir Samudra Pasifik, ini, pernah menjadi Pangkalan Armada VII Amerika yang dipimpin Jenderal MacArthur.

Morotai juga pernah menjadi pangkalan TNI untuk merebut Irian Barat,dalam Operasi Trikora yang dipimpin Jenderal Soeharto. "Kita harus mengubah kawasan yang dulu menjadi mandala perang menjadi kawasan perdamaian, pertumbuhan ekonomi, dan kerja sama internasional. Morotai, Bitung, Biak, adalah beranda depan Indonesia di kawasan pasifik," kata Presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement