Kamis 13 Sep 2012 16:44 WIB

Megawati Ingatkan Garin Nugroho Ikut Penjaringan

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri memberikan suaranya saat mengikuti Pilkada DKI Jakarta di TPS 031 Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (11/4).
Foto: Prayogi
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri memberikan suaranya saat mengikuti Pilkada DKI Jakarta di TPS 031 Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan sutradara Garin Nugroho yang berminat menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Tengah melalui partai yang dipimpinnya untuk mengikuti proses penjaringan dan penyaringan.

"Mas Garin, kalau mau maju di pilkada (pemilu kepala daerah) monggo, tapi ada proses penjarigan dan penyaringan yang harus dilalui," kata Megawati Soekarnoputri ketika berdialog dengan aktivis Gerakan Indonesia Memilih di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, hadir Ketua DPP PDI Perjuangan Sidharto Danusubroto dan Maruarar Sirait serta Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sedangkan, dari Gerakan Indonesia memilih hadir antara lain, Rektor Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat, aktivis Indonesia Corruption Watch Teten Masduki, sutradara film Garin Nugroho, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Buhanuddin Muhtadi, dan penelitisi senior CSIS J Kristiadi.

Pada kesempatan tersebut, Megawati juga mengatakan, saat ini PDI Perjuangan sedang menghadapi pilkada di tiga daerah yang salah satunya adalah Pilkada DKI Jakarta pada 20 September 2012.

Sebagai ketua umum partai politik, menurut dia, menghadapi beberapa pilkada sekaligus cukup memusingkan, tapi harus dihadapi dengan strategi yang tepat dan kesabaran.

Sementra itu, Garin Nugroho mengatakan dirinya memiliki keinginan untuk tampil Pilkada Provinsi Jawa Tengah sebagai bakal calon wakil gubernur dari PDI Prjuangan yang siap berpasangan dengan kader partai tersebut Rustriningsih.

"Saya siap tampil mendampingi Ibu Rustriningsih," ucapnya.

Garin Nugroho menyatakan, dirinya sudah beberapa kali berdiskusi dan bertukar pikiran dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih, sehingga menilai memiliki komitmen yang sama dalam membangun bangsa Indonesia.

Sutradara film ini menilai, diriya sejalan dengan Rustriningsih baik dalam pemikiran, visi ke depan, serta gagasan pemberdayaan masyarakat.

Sebelumnya, Garin Nugroho sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon wakil gubernur Provinsi Jawa Tengah dari PDI Perjuangan di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di Semarang pada Selasa (4/9).

Setelah mengisinya dengan lengkap berserta persyaratannya, Garin juga telah mengembalikannya pada Senin (10/9).

Garin menyatakan terinspirasi untuk tampil di pemerintahan, setelah banyak berdialog dengan dua sahabatnya yang saat ini sudah almarhum yakni Franky Sahilatua dan Moeslim Abdurrahman

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement