Selasa 11 Sep 2012 22:15 WIB

BNPB: Puting Beliung Terjang 631 Rumah

Angin puting beliung (ilustrasi)
Foto: Blogspot.com
Angin puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 631 rumah warga di dua daerah yaitu di Lebak (Banten) dan Bogor (Jawa Barat) rusak diterjang puting beliung pada Senin (10/9) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan blackberry kepada pers di Jakarta, Selasa, menjelaskan rusak itu terdiri dari 74 rumah rusak berat, 31 rumah rusak sedang, dan 526 rumah rusak ringan.

"Meskipun secara umum wilayah Jawa masih musim kemarau. Namun, faktor cuaca lokal berpengaruh terbentuknya cuaca ekstrem," ujarnya.

Di Kabupaten Lebak, puting beliung melanda Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, dan Karanganyar. Tercatat sembilan rumah rusak berat, 137 rumah rusak ringan, 2 tempat ibadah rusak ringan.

BPBD Kabupaten Lebak, menurut dia, telah berada di lokasi untuk penanganan darurat dan pendataan. "BPBD Kabupaten Lebak telah memberikan bantuan berupa makanan siap saji, beras dan terpal plastik," katanya.

Di Kabupaten Bogor, puting beliung menerjang di Desa Sukamakmur dan Desa Sukaharja di Kecamatan Ciomas. Di Desa Sukamakmur, sebanyak 63 rumah rusak berat, 31 rumah rusak sedang, 271 rusak ringan.

Di Desa Sukaharjam ada dua rumah rusak berat dan 118 rumah rusak ringan. Tidak ada korban dalam bencana tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement