Senin 03 Sep 2012 11:30 WIB

260 Titik Api Munculkan Kabut Asap di Sumatera

Kabut asap
Foto: Antara
Kabut asap

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Padang mendeteksi 260 titik panas di Sumatera yang tersebar di Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

"Keberadaaan titik api tersebut menyebabkan beberapa daerah di Sumatera diselimuti kabut asap termasuk Sumatera Barat," kata Analis Cuaca BMKG Padang Neli Elfira di Padang, Senin.

Ia mengatakan sebagian besar titik api tersebut berada di Jambi dan Lampung yang memicu terjadinya kabut asap hingga ke Sumatera Barat. Namun, tidak dapat dipastikan apakah titik api itu berasal dari kebakaran hutan atau aktivitas masyarakat yang sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan, kata dia.

Menurutnya, kabut asap tersebut dapat diatasi jika terjadi hujan sehingga titik api yang menjadi pemicu akan padam.

BMKG memprediksi kabut asap akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan mengingat saat ini sedang berlangsung siklus angin kering berhembus dari Australia menuju Asia sehingga cuaca menjadi panas.

"Dalam kondisi cuaca yang panas dan kering kebakaran hutan sangat mudah terjadi karena itu masyarakat diminta untuk waspada," kata dia.

Untuk wilayah Sumatera Barat, kabut asap yang merata menyebabkan jarak pandang hanya berkisar 7-10 kilometer.

Namun ia mengatakan, jarak pandang ini masih aman untuk aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman.

Aktivitas penerbangan belum terganggu karena Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman juga telah dilengkapi sistem instrumen pendaratan yang membantu pendaratan pesawat, kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement