Senin 27 Aug 2012 07:11 WIB

Pulau Sempu Dihuni Macan Kumbang

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Macan Kumbang
Macan Kumbang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tidak banyak yang tahu kalau Pulau Sempu di Kabupaten Malang, Jawa Timur, banyak dihuni binatang buas. Pulau yang berstatus cagar alam tersebut ternyata juga dihuni beberapa binatang langka.

"Ada macan kumbang, macan tutul, ular sanca bodo sepanjang tiga meter sitaan dari Banyuwangi, dan banyak kera yang hidup bebas di sepanjang pulau," kata Pengendali Posko Ekosistem Hutan Pulau Sempu Syamsul Hadi kepada ROL, akhir pekan kemarin.

Hadi menjelaskan, di pulau seluas 877 hektare tersebut, berbagai binatang buas bisa hidup bebas. Ia memastikan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sempu aman dari serangan harimau. Hadi sadar setiap hari ada puluhan hingga ratusan wisatawan yang menyeberang ke sana guna menikmati suasana Segoro Anakan di dalam pulau.

Namun jika mereka tidak berbuat macam-macam dan taat melewati jalur setapak, kata Hadi, maka tidak ada yang perlu ditakutkan. Meski begitu, menurut dia, karena status cagar alam maka setiap orang yang ingin menyeberang harus mendaftarkan diri kepada pihaknya.

ROL mencoba ingin langsung menyeberang, namun pemilik perahu yang bersandar di Pantai Sendang Biru enggan mengantarkan. Alasannya setiap pengunjung harus terdata agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi secepatnya. "Ini hanya pendataan saja, bukan bermaksud untuk apa-apa," ujar Hadi.

"Kalau untuk keamanan pengunjung, insya Allah tidak akan diganggu penghuni Pulau Sempu. Karena pada dasarnya secara naluri macan juga takut kepada manusia," terang Hadi. "Macan dan ular, atau kera akan menyerang jika terancam jiwanya. Kalau tidak ada gangguan, mereka tidak akan menyerang manusia," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement