Sabtu 25 Aug 2012 15:51 WIB

Setelah Kereta Api, Giliran Bus Balik Gratis Angkut Pemudik Madiun

Armada Bus Lebaran
Foto: Prayogi/rep
Armada Bus Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN--Sebanyak 114 warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memanfaatkan program bus balik gratis yang berangkat dari Madiun ke Surabaya, Sabtu.

Pemberangkatan bus balik gratis tersebut dilepas langsung oleh Wakil Bupati Madiun Iswanto di Terminal Caruban. Terdapat dua bus yang diberangkatkan dengan masing-masing bus mengangkut sebanyak 57 penumpang.

"Tahun ini Kabupaten Madiun mendapat jatah bus balik gratis sebanyak dua unit. Respons masyarakat untuk memanfaatkan program balik gratis ini lumayan bagus. Kuota peserta program ini juga telah terpenuhi," ujar Wakil Bupati Madiun Iswanto.

Iwanto menilai, program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada warganya yang pulang kampung pada lebaran tahun ini dan selanjutnya balik ke tempat perantauannya.

Menurut dia, program bus balik gratis itu merupakan kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

"Hal serupa juga dilakukan di sejumlah daerah pemerintah kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Jawa Timur. Program ini baru digagas pada tahun ini," terangnya.

Pihaknya menjelaskan, tujuan utama dari program balik gratis ini adalah untuk mengurangi jumlah atau volume kendaraan terlebih roda dua di jalan saat arus balik lebaran tahun ini.

"Semakin berkurang volume kendaraan yang digunakan untuk mudik ataupun balik lebaran, semakin kecil risiko kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Pihaknya berharap pada tahun-tahun mendatang program serupa dapat dilakukan lagi. Selain itu, Iswanto juga ingin agar jatah bus untuk Pemkab Madiun ke depannya ditambah lagi dari yang ada saat ini.

Adapun, dua unit bus yang disediakan untuk program balik gratis tersebut merupakan bus yang dilengkapi dengan fasilitas mesin pendingin udara atau AC.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement