Sabtu 25 Aug 2012 14:29 WIB

Hutan Lereng Gunung Slamet Terbakar

Kebakaran Hutan
Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO--Hutan lereng utara sebelah timur Gunung Slamet yang berada di perbatasan wilayah Purwokerto-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu, terbakar.

Administratur Perhutani Banyumas Timur, Budi Widodo saat dihubungi di Pemalang, mengatakan bahwa lokasi kebakaran lereng hutan Gunung Slamet itu berada di kawasan pos pendakian lima di atas wilayah Guci, Kabupaten Tegal.

"Sedangkan berapa hektare luas lereng hutan yang sudah terbakar belum diketahui karena kini sedang dilakukan pendataan. Akan tetapi, yang jelas satu hektare lereng gunung sudah terbakar," katanya.

Menurut dia, saat ini, polisi khusus dari Perhutani dibantu tim "Search and Rescue (SAR) dan masyarakat masih mencari keterangan penyebab kebakaran lereng hutan Gunung Slamet tersebut.

"Dugaan sementara terbakarnya lereng hutang gunung itu akibat aktivitas pendaki gunung yang meninggalkan puntung rokok yang masih menyala," katanya.

Ia mengatakan, sementara ini jalur pendakian ke kawasan Gunung Slamet ditutup untuk aktivitas masyarakat yang ingin mendaki gunung itu.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Slamet di Gambuhan Kabupaten Pemalang, Sukedi mengatakan bahwa kebakaran lereng hutan sudah mulai mengecil.

"Titik api memang terhalang awan kabut. Akan tetapi kobaran api sudah mulai mengecil sehingga tidak merambah ke lokasi lainnya. Kebakaran hutan tersebut menjadi kewenangan Perhutani sehingga detailnya kami tidak mengetahui persis," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement