Jumat 24 Aug 2012 12:53 WIB

Turispun Ikut Mengantre di Open House Sultan HB X

Kraton Yogyakarta (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Kraton Yogyakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Tepat pukul 08.30 open house (halal bihalal) raja Kraton Yogyakarta dan juga Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dimulai, di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Jum'at (24/8)

Acara open house langsung dilaksanakan dengan salam-salaman  antara Sultan HB X dengan masyarakat tanpa didahului dengan sambutan. Dalam Halal bihalal kali ini Sultan yang mengenakan hem batik motif kuning, biru dan coklat didampingi Permaisuri GKR Hemas dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX.

Ribuan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya tampak antusias untuk bersalaman dengan Sultan HB X. Bahkan ada warga Sidorejo Lendah Kulonprogo Soetrisno (65  tahun)  Jumat dini hari sekitar pukul 03.00 sampai di Depan Pagelaran Kraton. "Saya termasuk pertama yang antre untuk bersalaman dengan Sultan," kata dia pada wartawan usai bersalaman dengan Sultan.

Sutrisno yang pensiunan guru bahasa Jawa di SMPN. 8 Yogyakarta ini mengaku sudah tiga kali bersalaman dengan Sultan saat open house dan selalu yang pertama kali datang." Saya mengkhususkan datang ke sini karena merasa ayem tentrem," kata dia.

Beberapa turis mancanegara pun ikut antre untuk bersalaman dengan Raja Kraton diantaranya warga negara Jerman yang mengaku bernama Ricardo. Namun saat ditanya dia sebenarnyan tak tahu adanya acara halal bihalal. "Saya mau berkunjung ke Kraton dan kebetulan banyak kerumunan orang yang mau masuk Kraton. Saya mengikut saja," tutur dia.

Open house yang direncakan selesai pukul 11.30, ternyata setengah jam lebih awal. Pukul 11.00 salam-salaman warga masyarakat dengan Sultan HB X, permaisuri dan Paku Alam VIII sudah berakhir. Masyarakat hadir diperkirakan lebih dari 7.500 orang, karena snack yang disediakan sekitar 7.500 box langsung habis pada saat open house berakhir.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement