Kamis 23 Aug 2012 15:42 WIB

DPR Harapkan Kemacetan Mudik tak Terjadi Lagi

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Dewi Mardiani
Marwan Jafar (kanan)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Marwan Jafar (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Perhubungan DPR berharap kemacetan di jalur mudik tidak terjadi lagi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat yang akan bermudik ke kampung halamannya.

"Cukup tahun ini saja. Tahun depan kalau bisa jangan terjadi lagi," jelas Anggota Komisi Perhubungan DPR, Marwan Ja'far, Kamis (23/8). Kemacetan dinilai Marwan sebagai biang kerok kecelakaan pada musim mudik tahun ini. "Kelelahan jelas mengganggu konsentrasi mengemudi," imbuhnya. Dia menyatakan hal tragis itu tidak akan terjadi jika pemerintah jeli dan peka membaca situasi.

Dia mengatakan pemerintah seharusnya mengerti mudik sudah pasti terjadi setiap tahun. Pemerintah bisa mengukur apakah memungkinkan pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor jalur darat melewati jalanan yang ada. Jika tidak, maka perlu ada penambahan infrastruktur, seperti membangun jalan tol atau ring road (jalan lingkar) guna memecah arus agar tidak seluruhnya lewat jalur arteri.

Dia mengatakan jalan ini tidak hanya bermanfaat bagi pemudik, tapi juga untuk masyarakat setempat. Penambahan jalan tentu akan mempercepat laju pembangunan daerah karena terbukanya akses ke daerah-daerah yang semula sulit terjangkau.

Kemacetan parah pada musim mudik tahun ini dimulai sejak H-5 hinggan H-1. Bahkan banyak pemudik yang menempuh perjalanan Jakarta-Cirebon hingga 13 jam yang normalnya 5 jam. Polri pun mengakui bahwa mudik kali ini mengalami kepadatan yang luar biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement