Kamis 23 Aug 2012 14:17 WIB

Wah, Harga Daging Sapi dan Ayam Masih Mahal, Berapa Sekarang?

Harga daging ayam meroket
Foto: Agus Bebeng/Antara
Harga daging ayam meroket

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Harga daging sapi dan daging ayam di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, masih tinggi hingga hari Kamis.

"Harga ayam potong masih berkisar Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per ekor. Masih lumayan mahal," kata salah satu penjual ayam Suryanti (31) di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan harga Rp 30.000 dipatok untuk ayam berukuran 1,3 kilogram dan harga Rp35.000 untuk ayam berukuran 1,5 kilogram per ekor.

Harga tersebut turun sekitar 30 persen dari harga saat malam sebelum hari Lebaran (malam takbiran)yang mencapai Rp40.000 hingga Rp 45.000 per ekor. "Harga pas malam takbiran itu tinggi sekali, tapi tetap lumayan banyak peminatnya. Kalau sekarang masih belum terlalu banyak," katanya.

Dia juga mengatakan harga itu masih cukup tinggi dibandingkan tahun lalu. Menurut Suryanti, dengan harga yang sama, maka pembeli bisa mendapatkan ayam dengan ukuran lebih besar.

Sama halnya dengan penjual ayam, penjual daging sapi juga menyatakan harga masih cukup tinggi hingga hari keempat setelah Lebaran. "Sekarang harga daging sapi Rp 95.000 per kilogram," kata salah satu pedagang daging sapi Sofyan (40).

Menurut Sofyan, harga tersebut turun 26 persen setelah sebelumnya pada hari-hari menjelang Lebaran mencapai Rp 120.000 per kilogram. "Harga daging sapi sempat tinggi pas Lebaran karena pasokannya juga sedikit, di beberapa pedagang juga banyak yang kosong saat itu," katanya.

Meski harganya turun dari beberapa hari setelah Lebaran, harga daging yang kini berkisar Rp 95.000 dinilai masih cukup tinggi. Sofyan mengatakan tidak bisa memperkirakan kenaikan atau penurunan harga karena harga ditentukan dari tempat penjagalan. "Jika dari sana (penjagalan) pasokan kurang harga bisa naik sampai sini (pasar), karena kita kan hanya mengikuti harga dari atas," katanya.

Sebelumnya sejumlah pedagang daging sapi menyatakan harga daging sebelum Ramadan berkisar antara Rp 70.000 hingga Rp 75.000 per kilogram.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement