Jumat 17 Aug 2012 12:00 WIB

Lagu Ciptaan SBY pun Menggema di HUT RI

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hafidz Muftisany
  Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: Haji Abror Rizki/Rumgapres
Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lagu ciptaan presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumandang di HUT RI ke-67. Lagu tersebut berjudul 'Bersatu dan Maju'. Lagu itu dimainkan setelah lagu Hari Merdeka dan Hymne Kemerdekaan.

Lagu tersebut sebenarnya didedikasikan untuk acara SEA GAMES XII di Indonesia. Tetapi, lagu ini juga berlaku untuk kerja sama dan persahabatan intra dan antar kawasan yang lain.

Selain lagu-lagu tersebut, sejumlah lagu nusantara juga dimainkan secara medley. Yakni Sing Sing So (Tapanuli/Sumatera), Manuk Dadali (Sunda/Jawa). Ilir-ilir (Jawa Tengah). Saputangan Bapucu Ampat (Kalimantan). Sisipan lagu bernuansa ramadhan. O inani keke (Sulawesi). Rasa Sayange (Maluku). Waninggap (Papua).

Medley Nusantara ini aransemen untuk ppaduan suara dan orkestra. Lagu ini dikolaborasi dengan beberapa instrumen etnis Indonesia. Yakni Kendang Sunda, gondang Batak, Kendang Bali, kendang Sulawesi, rebana, dan beberapa instrumen etnis yang lainnya.

Untuk tahun ini, lingkungan istana kepresidenan mengambil tema daerah Sumatera Utara. Sejumlah ornamen yang dipasang pun bernuansa Sumatera Utara. Misalnya dipasang kain-kain ulos, musik gordang sambilan dan tari tor-tor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement