Jumat 17 Aug 2012 09:53 WIB

Istana Merdeka Bersiap Gelar Upacara Detik Proklamasi

Istana Negara
Foto: www.presidenri.go.id
Istana Negara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah petugas dan peserta peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta, mulai mempersiapkan pelaksanaan upacara. Acara akan dimulai pada pukul 10:00 WIB.

Paduan suara Gita Bahana Nusantara sudah mulai mempersiapkan penampilan mereka. Sementara, tamu undangan sudah mulai memenuhi kursi yang disediakan.

Penutupan sebagian ruas jalan Medan Merdeka Barat dan keseluruhan ruas Jalan Medan Merdeka Utara sudah dilakukan sejak pukul 05.00 WIB. Petugas dari Kepolisian dan TNI melakukan pengamanan dan juga pengaturan arus lalu lintas baik tamu undangan maupun warga masyarakat.

Di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta sendiri di samping sejumlah pintu masuk baik dari arah Jalan Juanda, Merdeka Utara maupun Majapahit sudah dipenuhi oleh tamu undangan. Juga ada penampilan musik Gordang Sembilan di panggung kecil di depan Istana Negara yang menghibur para undangan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi pada pukul 10.00 WIB yang ditandai oleh pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPR Marzuki Alie dan pengibaran Sang Merah Putih oleh anggota Paskibraka.

Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Boediono, Ibu Ani Yudhoyono serta Herawati Boediono. Para pimpinan lembaga negara juga hadir serta para mantan Presiden RI. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement