Rabu 15 Aug 2012 09:32 WIB

Hadapi PON, KONI Imbau Atlet Jaga Kesehatan Saat Puasa

PON Riau
Foto: riau.go.id
PON Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- KONI Cabang Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengingatkan seluruh atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau agar menjaga kesehatannya selama bulan puasa. Secara umum, kondisi kesehatan para atlet saat puasa kurang stabil saat melaksanakan latihan.

"Kami selalu mendampingi dan mengawasi para atlet saat berlatih agar bisa memberikan bimbingan secara langsung untuk menjaga kesehatan tubuh dalam mempersiapkan diri menghadapi PON XVIII di Riau pada 9-20 September 2012," ujar Pelatih cabang olah raga atletik Babel Bujang di Pangkalpinang, Rabu (15/8).

Untuk menangani masalah itu, KONI bersama dengan para pelatih menjalin komunikasi yang dekat dengan para atlet. Sementara itu, pada saat bulan puasa ini para atlet diminta mengatur pola makan berbuka puasa dengan baik dan jangan terlalu berlebihan, karena akan mengganggu kinerja tubuh dalam mencerna makanan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam melaksanakan latihan diharapkan jangan sampai memaksakan tenaga terlalu berlebihan. Menurut dia, kendala yang dialami para atlet dalam melaksanakan latihan di lapangan masih tergolong normal dan belum sampai mengganggu kinerja latihan.

"Paling kendala yang sering terjadi adalah kurang stabilnya ketahanan tubuh atlet saat melaksanakan pelatihan, namun semua itu bisa ditanggulangi dan tidak menghalangi program latihan setiap cabang olahraga," ujarnya.

Sementara itu, pada PON Riau nanti KONI Babel sudah menargetkan untuk bisa membawa pulang lima emas dan yang menjadi harapan paling besar adalah pada cabang olahraga atletik karena merupakan cabang olagarag unggulan di Babel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement