Selasa 14 Aug 2012 05:20 WIB

Upacara 17 Agustus, Harap Hindari Kawasan Ini

Istana Negara
Foto: www.presidenri.go.id
Istana Negara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar kawasan Jl Medan Merdeka, saat berlangsungnya upacara HUT Kemerdekaan ke-67 RI di Istana Negara, Jumat (17/8). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas. Rencananya, pengalihan arus lalu lintas akan berlangsung mulai pukul 05.00-12.00 dan pukul 14.00-19.00.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, saat berlangsungnya upacara HUT kemerdekaan ke-67 RI yang dipusatkan di Istana Negara, para pengendara diminta menghindari ruas jalan di sekitar Istana. Sebab, saat pelaksanaan upacara, kawasan sekitar Istana seperti Jl Medan Merdeka Barat-Jl Medan Merdeka Utara-Jl Majapahit-Jl Veteran Raya-Jl Museum hingga Jl Area Silang Monas akan ditutup.

Karena itu, kata Pristono, nantinya arus kendaraan dari arah Kota atau dari arah Jl Suryopranoto menuju Jl MH Thamrin dialihkan melalui Jl Juanda-Jl Pos-Jl Lapangan Banteng Utara-Jl Pejambon-Tugu Tani-Jl Medan Merdeka Selatan dan seterusnya.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah selatan atau Jl Jenderal Sudirman–Jl MH Thamrin menuju ke arah utara atau Harmoni-Jl Gajah Mada–Kota, diarahkan melalui Jl Budi Kemuliaan–Jl Abdul Muis-Jl Majapahit dan seterusnya.

Untuk arus lalu lintas dari arah timur atau Tugu Tani atau Jl Menteng Raya yang menuju utara atau Jl Gajah Mada–Kota akan diarahkan melalui Jl Medan Merdeka Selatan–Jl Budi Kemuliaan–Jl Abdul Muis–Jl Majapahit atau melalui Jl Medan Merdeka Timur–Jl Perwira–Jl Lapangan Banteng Barat–Jl Kathedral–Jl Pos dan seterusnya.

Sementara, untuk rute bus Transjakarta koridor I (Blok M – Kota), koridor II (Pulogadung – Harmoni), koridor III (Kalideres – Harmoni) dan Koridor VIII (Lebakbulus – Harmoni) juga akan dilakukan pengalihan rute. Yakni mulai pukul 05.00-12.00 dan pukul 14.00 -19.00.

Untuk koridor I, bus berangkat dari Terminal Blok M berjalan menuju Jl Sisingamangaraja-Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin berbelok kiri ke Jl Budi Kemuliaan-Jl Abdul Muis-Jl Majahpahit-Jl Gajah Mada hingga menuju Halte Bus Transjakarta Kota.

Untuk arah sebaliknya, bus berjalan menyusuri Jl Hayam Wuruk-Jl H Juanda-Jl Pos-Jl Lapangan Banteng Utara-Jl Pejambon dan berbelok kiri menuju Jl Medan Medeka Timur-Jl Medan Merdeka Selatan, selanjutnya bus berbelok ke kiri menuju Jl MH Thamrin-Jl Jenderal Sudirman-Jl Sisingamangaraja dan Terminal Blok M. "Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengikuti rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan. Hal yang terpenting adalah utamakan keselamatan di jalan," ujar Pristono.

Adapun bagi para tamu undangan atau pengunjung Upacara HUT Kemerdekaan ke-67 RI, agar memarkirkan kendaraannya di lapangan IRTI Monas atau halaman parkir Masjid Istiqlal.

sumber : beritajakarta.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement