Jumat 10 Aug 2012 04:08 WIB

Bukan Cuma Minyak, Nunukan Juga Punya Sumber Gas

Pabrik pengilangan gas bumi (Illustrasi)
Foto: AGMPROCESS.COM
Pabrik pengilangan gas bumi (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN---Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur memili sumber gas alam yang berada di bawah laut antara Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

"Sumber gas alam ini potensinya sangat besar dan telah dieksplorasi oleh dua perusahaan raksasa yaitu PT Medco dan PT Anadarco," jelas Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Nunukan, Abdul Azis Muhammadiyah.

Selain di bawah laut, ia menegaskan sumber gas ini bersambung ke daratan Pulau Nunukan tepatnya di wilayah Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan.

"Titik lokasi dan kandungannya telah disurvei oleh perusahaan yang berminat untuk melakukan eksplorasi yaitu PT Medco dan PT Anadarco," kata Abdul Azis.

Kedua perusahaan ini juga, lanjutnya, membagi wilayah eksplorasinya agar penerbitan izin penambangan tidak overlapping yaitu wilayah laut di eksplorasi oleh PT Anadarco dan kawasan darat di kelola oleh PT Medco.

Abdul Azis juga menyatakan wilayah Kabupaten Nunukan masih memiliki banyak cadangan minyak dan gas, tetapi belum dapat dikelola karena dinilai belum menguntungkan secara ekonomis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement