Kamis 09 Aug 2012 15:04 WIB

Siap-siap Mudik, Inilah Tips Tinggalkan Rumah Kosong

Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)
Foto: www.halosemarang.com
Rumah kosong yang ditinggal mudik penghuninya rawan jadi incaran maling. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Lebaran sebentar lagi. Boleh jadi Anda termasuk orang yang siap-siap juga mudik ke kampung halaman dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Jangan cemas. Asal dipersiapkan dengan matang, rumah yang ditinggalkan bakal aman-aman saja. Yang penting, waspadalah! Berikut tips aman meninggalkan rumah kosong:

1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan rumah sedang kosong agar tidak menarik perhatian pelaku kejahatan. Misalnya, meminta loper koran agar tidak mengirimkan koran selama mudik.

2. Lampu rumah tidak dalam keadaan menyala terus selama pergi atau pasang lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri.

3. Meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu rumah.

4. Pastikan tidak meninggalkan barang berharga, seperti uang dan perhiasan di rumah. Agar lebih aman, simpan perhiasan dan uang di bank.

5. Pastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci rapat sebelum meninggalkan rumah. Jangan meninggalkan kunci rumah cadangan di bawah pot, keset, atau tempat-tempat tertentu.

6. Matikan semua listrik yang tidak digunakan untuk menghindari hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran.

7. Bila perlu, titipkan rumah pada orang yang dipercaya, tetangga, atau satpam perumahan. Mintalah mereka untuk mengecek keadaan rumah sesekali.

8. Bila perlu, pasang alarm sekuriti di rumah atau memasang kamera CCTV di beberapa titik di rumah, seperti halaman rumah, ruang tamu, dan ruang tidur.

sumber : Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement