Selasa 07 Aug 2012 03:07 WIB

Penulis Australia Bikin Buku tentang Anak Indonesia

Nicholas Mark dan anak-anak
Foto: Kedubes Australia
Nicholas Mark dan anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penulis muda asal Australia, Nicholas Mark meluncurkan buku cerita bertajuk "Petualangan Anak Indonesia" yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, bekerja sama dengan penerbit Indonesia dan Ilustrator asal Yogyakarta, Bambang Shakuntala.

Siaran pers Kedutaan Australia untuk Indonesia yang diterima di Jakarta, Senin, menjelaskan buku cerita tersebut terdiri atas tiga cerita yang berlatar belakang Indonesia, yaitu Bali, Yogyakarta dan Sumatra.

Ketiga cerita tersebut menceritakan tentang monster, telur emas sihir, burung mistik, penyihir, peri, lorong rahasia, rahasia nenek moyang dan gunung berapi dengan lakon empat pemuda petualang Indonesia bernama Wayan, Mutia, Nanda dan Dani.

Buku cerita ini merupakan kumpulan cerita yang semula merupakan tugas kuliah Nicholas Mark untuk kelas tahun pertama Bahasa Indonesia di Universitas Sydney. Nicholas Mark memulai cerita pertamanya tahun 2007. Kemudian berdasarkan pengalamannya tinggal dan bepergian di Indonesia, dia menulis dua cerita lagi.

Untuk memperkenalkan bukunya pada anak-anak Indonesia, Nicholas Mark membacakan cerita untuk pelajar SD Santa Ursula, Jakarta.

"Ini merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi saya membaca cerita di depan anak-anak ini untuk pertama kalinya dan melihat reaksi mereka. Saya berharap cerita ini dapat menginspirasi anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan menghargai mitos dan legenda Indonesia," kata Mark.

Nicholas Mark sudah tertarik pada Bahasa Indonesia sejak duduk di sekolah menengah. Minatnya pada Indonesia sangat besar sehingga dia mengambil kajian Indonesia di Universitas Sydney.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement