Senin 06 Aug 2012 06:08 WIB

Tiga Tokoh Nasional Dijadikan Nama Gedung UII

Logo UII
Logo UII

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tiga tokoh nasional Ki Bagoes Hadikoesoemo, Soekiman Wirjosandjojo, dan Mohammad Yamin dijadikan nama gedung Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Hal ini sebagai penghargaan atas jasa-jasa mereka dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Nama Ki Bagoes untuk Gedung Olahraga, Soekiman untuk Gedung Fakultas Kedokteran serta Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, dan Yamin untuk Gedung Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII)," kata Rektor UII, Edy Suandi Hamid, seperti dikutip Antara.

Edy menyebutkan ada maksud dan niat mulia di balik penamaan gedung-gedung tersebut. Penggunaan nama tidak lepas dari kontribusi yang telah disumbangkan bagi UII dan kontribusinya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Dalam konteks berdirinya UII yang semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI), Ki Bagoes Hadikoesoemo dan Soekiman Wirjosandjojo merupakan di antara tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam rapat Masjoemi yang salah satu isinya tentang rencana pendirian STI," katanya.

"Jika dilihat peranannya dalam konteks berdirinya Republik Indonesia, sosok Ki Bagoes merupakan pemimpin Muhammadiyah yang besar andilnya dalam penyusunan Mukadimah UUD 1945. Karena, ia termasuk anggota Panitia Persiapan Kemerdekan Indonesia (PPKI)," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement