Senin 06 Aug 2012 02:04 WIB

Asyik, Pemilik Perahu Ketiban Rezeki Ramadhan, Mengapa?

Ngabuburit
Foto: Antara
Ngabuburit

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR---Pemilik perahu di Waduk Jangari, Cianjur, Jabar, kebanjiran penumpang menjelang Maghrib, dimana ratusan warga memilih menghabiskan waktu ngabuburit di waduk tersebut.

Uus Munandar (38) salah seorang pemilik perahu, membenarkan hal tersebut. Sejak empat hari terakhir, menjelang sore atau menjelang waktu berbuka puasa, puluhan warga memadati kawasan Jangari, untuk ngabuburit.

Tidak sedikit dari mereka mengunakan jasa perahu untuk menghabiskan waktu dibagian tengah waduk yang berhawa sejuk itu, selama beberapa puluh menit sebelum bedug berbuka berkumandang.

''Mungkin ini rezeki bulan puasa, yang setiap tahun selalu kami rasakan. Namun tahun ini, jumlah pengunjung cukup meningkat, bahkan kalau akhir pekan seperti saat ini, banyak yang dari luar daerah seperti Bandung, Bogor dan Jakarta,'' katanya.

Untuk satu kali perjalanan menggunakan perahu berkeliling danau tersebut, jelas dia, penumpang dikenakan biaya Rp 10 ribu per orang. Namun tidak sedikit pengunjung yang datang berombongan meminta pengurangan harga.

''Paling saya kurangi Rp 2.000 per orang, kalau datang berombongan mengunakan jasa perahu saya. Hal yang sama dilakukan pemilik perahu lainnya. Selain menghabiskan waktu ngabuburit di waduk ini, banyak pengujung yang berbuka puasa di warung makan yang banyak terdapat di pinggir waduk,'' tandasnya.

Sementara itu, Waduk Jangari yang terletak 7 kilometer dari pusat kota Cianjur itu, ungkap Kepala UPTD Balai Pengembangan Budi Daya Perikanan Perariran Umum Cirata, Ade Durahman, membuat betah para pelancong, karena kondisi waduk selalu ditata dan dibersihkan, melibatkan berbagai kalangan.

''Kami biasa membersihkan waduk, dengan melibatkan petani ikan keramba, jaring apung, pelaku usaha pemanfaat waduk serta mahasiswa, dari sampah yang banyak bertebaran. Kalau lingkungan wisata ini bersih, pengunjung akan datang kembali,'' ungkapnya.

Selama bulan puasa ini, jelas dia, tingkat kunjungan wisatawan lokal maupun luar kota, ke waduk tersebut, cukup tinggi. Bahkan memasuki minggu ketiga puas, angka kunjungan mencapai 600 orang pada akhir pekan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement