Jumat 03 Aug 2012 19:29 WIB

Sepekan Jelang Lebaran, Hotel Bakal Sepi

Salah satu lobi hotel berbintang di Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Salah satu lobi hotel berbintang di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) memprediksi tingkat hunian hotel-hotel di seluruh Indonesia rendah alias sepi pada sepekan jelang Lebaran Idul Fitri 1433 H.

"Sepekan sebelum Hari Raya, tingkat hunian hotel memang sepi," kata Ketua Umum PHRI, Yanti Sukamdani, di Jakarta, Jumat (3/8).

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya menawarkan paket wisata kuliner di hotel-hotel di samping juga menyelenggarakan safari Ramadhan. Meski begitu, fungsi "MICE" (Meeting Incentive Conference and Exhibition) di hotel-hotel juga masih tetap berjalan selama Ramadhan.

"Meeting tetap ada, karena ada hal-hal yang tidak bisa dibatalkan. Ada memang acara yang sudah di-arrange jauh-jauh hari sebelumnya. Jadi, yang seperti ini tetap jalan terus," ujar Yanti.

Ia menambahkan, secara keseluruhan pengaruh puasa dan lebaran yang tahun ini bersamaan dengan bulan-bulan "peak season" liburan hanya sedikit memberikan pengaruh pada penurunan tingkat hunian hotel. "Tidak banyak pengaruh, hanya memang untuk wisnus ada sedikit pengaruh tetapi mereka tetap 'travelling', meski berkurang," ucapnya.

Sedangkan untuk wisman tetap berjalan seperti biasa, karena umumnya sudah melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum kedatangan mereka ke Indonesia. Sampai semester I tahun ini, pihaknya mencatat tingkat hunian hotel di seluruh Indonesia rata-rata 65 persen. "Sebagian besar yang diminati adalah hotel bintang 2, bintang 3, dan terutama budget hotel. Meskipun hotel bintang 3 dan bintang 4 tetap juga diminati," pungkas Yanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement