Jumat 03 Aug 2012 11:40 WIB

Menhut Tebar Ribuan Pohon Laban di Way Kambas

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hafidz Muftisany
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan
Foto: Antara
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Dalam setiap kunjungan kerjanya (kunker) ke berbagai daerah, Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkfili Hasan, tak pernah melewatkan untuk menanam berbagai jenis pohon di berbagai tempat di Indonesia.

Gerakan menanam pohon ini selalu ia gelorakan dalam setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat terutama kalangan petani.Dalam kesempatan kunker di Provinsi Lampung, Senin (30/7), Menhut tak melupakan menanam pohon Laban (Vitex pubescens) di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur.

Seusai menjenguk Andatu, anak badak Sumatra  (Dicerothinus sumatrensis) berusia sebulan sepekan dari pasangan induknya Ratu dan Andalas di penangkaran semialami TNWK, secara simbolis Menhut menanam pohon Laban di kawasan tersebut.Ribuan bibit pohon Laban ditebar di sejumlah titik hutan kawasan TNWK yang berpenghuni badak Sumatra.

Menurut Menhut Zulkifli Hasan, penanaman pohon tidak bisa sembarang jenis bibit pohon,  karena harus melihat lebih dulu kondisi lingkungan dan populasi hutan di wilayah tersebut. Hal ini menyangkut siklus kelangsungan hajat hidup fauna di hutan tersebut.

 

“Kepada masyarakat di sekitar sini (TNWK), supaya selalu mentradisikan menanam pohon. Saya lihat masih banyak lahan yang kosong di Way Kambas  ini. Pohon-pohon ini untuk kelangsungan hidup lingkungan sekitar,” kata Menhut Zulkifli Hasan.

Ia mengatakan dirinya tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk selalu menanam pohon di berbagai tempat, hal ini untuk mengurangi ketidakseimbangan ekosistem lingkungan yang telah rusak selama ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement