Kamis 02 Aug 2012 04:49 WIB

Monas Makin Cantik dengan LED Warna-warni

Monas
Monas

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Royal Philips Electronics meluncurkan program "Kota Terang Hemat Energi" yang ditandai penyalaan sistem pencahayaan "light emiting diode (LED)" di Tugu Monumen Nasional yang berwarna-warni.

"Membuat Monas bersinar di malam hari dengan pencahayaan dari Philips merupakan impian kami. Teknologi LED dapat mencapai level dan desain tepat untuk Monas sekaligus mempertahankan identitas bangunan tersebut sebagasi simbol sejarah," kata Manajer Pemasaran Senior Lighting Philips Indonesia, Ryan Tirta Yudhistira di Jakarta, Rabu.

Ryan mengatakan penyinaran menggunakan teknologi LED yang menghasilkan cahaya warna-warni telah dilakukan terhadap Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan Air Mancur di Palembang.

Menurut dia, Philips sedang berdiskusi dengan sejumlah pemerintah daerah untuk memperindah sejumlah ikon kota dengan cahaya warna-warni. Dia menjanjikan, dalam setahun ini setidaknya akan bertambah dua atau tiga ikon kota yang digarap Royal Philips Electronics.

"Untuk Monas, berdasar kesepakatan kami bersama Pemerintah DKI Jakarta akan berjalan selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, baru akan dibicarakan kembali apakah diperpanjang atau tidak," katanya.

Meskipun diterangi menggunakan lampu dengan cahaya warna-warni, Ryan menjamin bahwa energi yang digunakan tetap hemat. Sebab, teknologi LED pada lampu Philips bisa menghemat energi hingga 80 persen. "Teknologi LED lebih hemat dari pada lampu hemat energi," katanya.

Selain itu, cahaya warna-warni yang dikeluarkan lampu LED dihasilkan gas yang bisa didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan lampu tabung atau lampu pijar yang menggunakan gas merkuri.

Lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga aman dipegang. Untuk membuktikan lampu tersebut tidak panas, pada acara "Kota Terang Hemat Energi" Philips mengadakan kompetisi "Touch the LED".

Peserta diharuskan memegang lampu LED selama berjam-jam dalam keadaan menyala.

"Untuk pemenang lomba memegang lampu terlama, kami menyediakan hadiah sebuah mobil," kata Ryan.

Ryan mengatakan untuk penggunaan di tingkat rumah tangga, Philips menyediakan LED MyVision dengan dua varian, yaitu 6 watt, yang setara dengan 40 watt lampu pijar, dan 9,5 watt, yang setara dengan 60 watt lampu pijar.

"Masing-masing varian tersedia dalam dua pilihan warna. Yaitu "warm white" yang agak kekuningan dan "cool day light" yang berwarna putih," kata Ryan Tirta Yudhistira.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement