Rabu 01 Aug 2012 09:00 WIB

Gempa 5,1 SR di Sulut tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Seksi Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Utara, Riyadi, mengatakan, gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) yang terjadi pukul 08.20 WITA, tidak berpotensi tsunami.

"Tidak ada tsunami warning yang dikeluarkan BMKG. Karena itu warga tidak perlu khawatir yang berlebihan," kata Riyadi, di Manado, Rabu (1/8). Dia mengatakan, gempa yang terjadi di 1,51 derajat Lintang Utara-124,54 derajat Bujur Timur, dapat dirasakan warga yang bermukim di Kota Manado dan sekitarnya, karena dikategorikan gempa dangkal dan lokasinya sangat dekat.

Setelah terjadinya gempa utama pada 08.20 WITA, kata dia, terjadi juga gempa susulan pada 08.32 WITA dengan kekuatan 4,9 SR yang terjadi di 1,59 derajat Lintang Utara-124,5 derajat Bujur Timur. "Gempa susulan ini terjadi di lokasi yang sama, dengan kedalaman sekitar lima kilometer," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung berharap, masyarakat tidak panik, dan tetap tenang serta dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Gempa utama yang terjadi pukul 08.20 WITA sempat terasa hingga di Kota Tomohon, sekitar 30 kilometer dari Kota Manado, menyebabkan warga berhamburan lari keluar rumah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement