Selasa 31 Jul 2012 23:52 WIB

Jelang HUT RI, Pedagang Jual Bendera Bentuk Ketupat

Penjual bendera
Foto: ANTARA
Penjual bendera

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Penjual bendera dan umbul-umbul di Makassar, Provinsi Sumatera Selatan menjelang perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-67 mulai marak. Penjual menyediakan bendera dan umbul-umbul dalam berbagai ukuran serta variasi bentuk.

Seorang penjual bendera dan umbul-umbul, Hermawan , yang mangkal di Jalan AP. Pettarani Makassar mengatakan, harga bendera yang ditawarkan bervariasi sesuai ukuran dan bentuk. Seperti bendera model background panjang 10 meter dihargai Rp 300.000/lembar, bendera model pandir panjang empat meter Rp 30.000/lembar.

Sementara harga umbul-umbul ukuran panjang tiga meter R p 20 ribu perlembar, ukuran panjang empat meter Rp 30 ribu perlembar sedang ukuran 100 cm x 120 cm Rp 15 ribu perlembar, 100 cm x 150 cm Rp 20 ribu - Rp 35 ribu perlembar dan 120 cm x 180 cm Rp 50 ribu perlembar.

Hermawan menambahkan, karena perayaan HUT ke-67 RI tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, maka ia juga menjual bendera merah putih dengan model ketupat untuk menarik pembeli. "Saat ini pembeli bendera dan umbul-umbul kebanyakan dari daerah atau luar Makassar dan kalangan instansi pemerintah," katanya.

Pembeli bendera dan umbul-umbul biasanya melonjak saat memasuki pekan pertama Agustus atau sepekan menjelang perayaan HUT RI. "Omzet penjualan sekitar Rp 500 ribu/hari pada hari biasa sedang menjelang perayaan HUT bisa mencapai Rp 4 juta/hari," ujar Hermawan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement