Senin 30 Jul 2012 21:24 WIB

Indonesia Siap Tampung Muslim Rohingya

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Marty Natalegawa
Foto: Soe Zeya Tu/Reuters
Marty Natalegawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan Indonesia siap menampung warga Muslim Rohingya yang mencari perlindungan. Dia juga menepis anggapan kalau Indonesia tidak bertindak apa apa atas tragedi yang menimpa etnis Rohingnya di Myanmar.

''Faktanya, etnis manapun yang mencari perlindungan di Indonesia, akan di perlakukan dengan baik," kata Marti, Senin (30/7). 

Saat ini, kata dia, tak kurang dari 300 orang yang merupakan warga etnis Rohingya berada dalam penampungan di Indonesia. 270 diantaranya adalah pencari suaka, dan sisanya menjadi pengungsi yang dilindungi keberadaannya.

Marti menjelaskan, persoalan etnis Rohingya sudah lama menjadi sorotan khusus pemerintah Indonesia. Melalui forum internasional, kata dia, Indonesia terus mendorong agar persoalan Rohingya diselesaikan dengan seadil-adilnya.

Bahkan terang Marti, Indonesia di tahun 2010 sudah mengajukan ke forum Dewan HAM, dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) agar setiap persoalan yang menyangkut tentang kondisi di Myanmar segera dicarikan solusi.

Terkait dengan pernyataan pemerintah Myanmar, yang tidak menganggap etnis Rohingya bukanlah warga negara, Marti mengaku tidak bisa berbuat banyak. Menurutnya pemerintah tidak bisa memaksa suatu negara, untuk mengakui status kewarganegaraan seseorang maupun etnis tertentu. 

''Indonesia hanya menegaskan tidak menerima prilaku diskriminatif yang dilakukan oleh negara, terhadap enis tertentu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement