Senin 30 Jul 2012 16:53 WIB

KAI Sediakan Lima Gerbong Kereta Ekonomi AC Lebaran

Kereta Ekonomi (ilustrasi)
Kereta Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) VII Madiun menyediakan lima gerbong atau kereta ekonomi (K3) yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC) untuk menambah pelayanan angkutan yang akan digunakan selama arus mudik dan balik lebaran.

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Sugiyanto, Senin (30/7), mengatakan, dua dari lima gerbong atau kereta ekonomi AC tersebut sudah diluncurkan terlebih dahulu pada awal Juli dan digabungkan dengan rangkaian KA Ekonomi Brantas reguler jurusan Kediri-Jakarta.

"Kini kami menambah tiga kereta lagi, karena tanggapan masyarakat cukup baik. Selain itu, penambahan ini juga untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang terlebih selama arus mudik dan balik lebaran berlangsung," ujar Sugiyanto kepada wartawan.

Menurut dia, rencananya tiga kereta tersebut nantinya, sebanyak dua kereta akan digabungkan dengan rangkaian KA Ekonomi Kahuripan reguler jurusan Kediri-Padalarang, Bandung, dan satu kereta lagi untuk cadangan.

Lima kereta ekonomi AC tersebut, diambilkan dari 42 kereta ekonomi lama yang telah dimiliki Daop VII Madiun. Kemudian gerbong atau kereta tersebut dimodifikasi dengan diberi tambahan AC berkekuatan satu tenaga kuda.

Masing-masing gerbong akan dipasang enam AC, sedangkan untuk mesin pembuangnya ditempatkan di salah satu toilet yang berada di setiap gerbong yang ada. Tidak hanya dipasang AC saja, tempat duduk dan bagian interior lain dari kereta juga diperbaiki sehingga kereta terlihat seperti baru dan naik menjadi kereta kelas bisnis.

"Proses pengerjaannya saat ini sudah mencapai 80 persen dan dipastikan sebelum arus mudik H-7 lebaran telah selesai dikerjakan," kata Sugiyanto.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement