Ahad 22 Jul 2012 13:25 WIB

Pemerintah Jamin Kebutuhan Bahan Pokok Cukup

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa bersama isteri
Foto: Adji sambogo/Republika
Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa bersama isteri

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa menjamin persediaan bahan-bahan kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan tercukupi.

Usai menghadiri pencanangan koperasi syariah berbasis masjid di Gedung Adda'wah, Bandung, Ahad (22/7), Hatta mengatakan saat ini pemerintah berupaya untuk mempercepat pasokan guna mengatasi lonjakan harga bahan-bahan kebutuhan pokok.

"Kita percepat pasokan barang, ini memang permintaan meningkatnya tinggi, tapi barang-barang pokok cukup, tidak usah ragu-ragu," tuturnya.

Hatta mencontohkan salah satu barang kebutuhan pokok yang dipercepat pemasokannya adalah daging sapi. "Kita percepat pemotongannya," ujarnya.

Selain itu, kata dia, terdapat sebuah tim yang terus memantau pergerakan harga agar kenaikannya masih dalam batas yang wajar, Hatta mengakui operasi pasar tidak bisa seketika menurunkan harga barang-barang kebutuhan pokok.

"Operasi pasar yang bisa menurunkan harga yang efektif baru beras, kalau yang lain itu agak sulit kecuali kita menambah pasokan," ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, operasi pasar tetap digelar karena bisa membantu masyarakat dengan menyediakan barang-barang kebutuhan pokok yang harganya lebih murah dibanding yang ada di pasar normal.

"Jadi bagaimana pun juga operasi pasar itu membantu masyarakat, efeknya tetap apa tapi tidak bisa seketika turun harganya," ujarnya.

Hatta juga mengimbau agar jangan ada tindakan spekulasi dari pihak mana pun untuk mengambil keuntungan di tengah masyarakat yang kesulitan akibat lonjakan harga barang-barang kebutuhan pokok.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement