Ahad 22 Jul 2012 12:08 WIB

Terminal Yogya Siap Tampung Tiga Ribu Armada Bus Mudik/ Hari

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad
Terminal Giwangan, Yogyakarta
Terminal Giwangan, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) siap menampung tiga ribu armada bus/ hari pada arus mudik dan arus balik lebaran 2012 ini. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPY, Imanudin Azis mengatakan, daya tampung terminal Yogyakarta pada arus mudik lebaran tahun ini mencapai 2.500 hingga 3.000 armada bus setiap harinya.

Meskipun mampu menampung 3.000 armada bus setiap harinya, namun berdasarkan pengalaman 2011 arus mudik lebaran ke TPY hanya 1.500-2.000 armada bus/ hari saja. "Jadi masih cukup luas untuk menampung tambahan armada lain," terangnya, Ahad (22/7).

Menurut Azis, secara fisik dan personil TPY siap menyambut arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Namun pihaknya belum bisa memprediksikan berapa jumlah penumpang arus balik lebaran tahun ini. "Masih dibahas di provinsi. Kira-kira minggu depan akan ada koordinasi lagi," terangnya.

UPT TPY sendiri kata dia, memiliki 127 personel yang bersiap mengamankan arus balik dan arus mudik lebaran 2012. TPY sendiri kata dia, akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, aparat kepolisian, PMI dan Dinas Kesehatan untuk pemantauan mudik lebaran. "Biasanya kita buka posko-posko di TPY. Ini juga baru akan kita koordinasikan minggu ini," tambahnya.

Diakuinya, arus mudik dan balik lebaran akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 27 Agustus 2012 atau H-7 hingga H+7 lebaran.

Sementara itu Komisaris PT Kereta Api Yahya Ombara mengatakan, untuk lebaran tahun ini PT Kereta Api menyiapkan 166 lokomotif dengan 140 lokomotif stamformasi dan 26 lokomotif cadangan untuk mengangkut kareta arus mudik dan balik.

"Secara umum, seluruh sarana kereta api mulai dari lokomotif dan gerbong kereta api sudah siap dijalankan untuk masa Angkutan Lebaran 2012," katanya saat meninjau kesiapan lokomotif di Balai Yasa Yogya, Sabtu lalu.

Menurutnya, untuk melayani angkutan penumpang selama mudik dan balik di Pulau Jawa, PT Kereta Api telah menyiapkan 277 rangkaian kereta api, yang terdiri dari 239 rangkaian kereta api reguler dan 22 rangkaian kereta komersial tambahan serta 16 kereta ekonomi tambahan.

Jumlah penumpang yang memanfaatkan moda transportasi kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2012 di Pulau Jawa diperkirakan mencapai 165.000 orang tiap hari.

"Jumlah tersebut diperkirakan turun sekitar 10-20 persen dibanding tahun lalu karena saat ini PT Kereta Api sudah menerapkan aturan satu tiket untuk satu penumpang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement