REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kinerja Kementerian Agama dalam penyelenggaraan haji 1432 Hijriyah atau 2011 Masehi, tergolong memuaskan atau di atas standar. Catatan itu dijabarkan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan hasil survei haji Indonesia.
"Secara keseluruhan memuaskan, namun ada harapan apabila ini ditingkatkan maka penyelenggara haji yang sudah baik semakin baik," papar Kepala BPS, Suryamin di Gedung BPS, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (17/7).
Dalam laporan itu, Suryamin menjelaskan, aspek pelayanan dengan pemenuhan harapan tertinggi terdapat pada pelayanan petugas kloter, yakni 88,37 persen. Sementara yang terendah terdapat pada pelayanan transportasi, yakni 77,41 persen.
Berikut indeks kepuasan lainnya :
Petugas Kloter, 88.37 persen
Petugas non Kloter (PPIH Arab Saudi), 85.07 persen
Ibadah, 85.82 persen
Akomodasi dan pemondokan 81.66 persen
Katering, 80.46 persen
Transportasi, 77.41 persen
Katering, 78.07 persen.
Kesehatan, Lainnya, seperti informasi, perlindungan, 82.98 persen.