Selasa 17 Jul 2012 13:59 WIB

Mentan: Kembalikan Peran Bulog

Stok beras miskin (raskin) di salah satu gudang BUlog.
Foto: Antara/Arief Priyono
Stok beras miskin (raskin) di salah satu gudang BUlog.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Pertanian Suswono menyatakan peran Perum Bulog perlu dikembalikan seperti semula sebagai pengendali bahan-bahan pangan kebutuhan pokok di masyarakat.

Hal itu dikatakan Mentan di Jakarta, Selasa, terkait terjadinya kenaikan harga-harga kebutuhan pokok yang dikeluhkan masyarakat belakangan ini, terutama menjelang bulan Ramadhan.

"Kalau (Bulog) diperankan lagi tak akan ada gejolak harga," katanya di sela Konferensi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) yang digelar pada 16-18 Juli 2012.

Menurut Suswono, jika penguasaan bahan pangan kebutuhan pokok diserahkan pada pedagang, terlebih lagi kartel maka mereka dapat mengendalikan harga di pasaran, maka hal itu sangat berbahaya.

Mengutip pernyataan Badan Pusat Statistik (BPS), dia menyatakan, produksi pangan saat ini dalam kondisi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, menurut pengakuan para pedagang pasokan bahan-bahan pangan tersebut juga cukup di pasar.

"Namun demikian mengapa harga-harga di pasaran mengalami kenaikan," katanya mempertanyakan.

Oleh karena itu, Mentan menegaskan, peran Bulog sebagai stabilisator harga sangat diperlukan tak hanya pada komoditas beras namun juga seluruh bahan kebutuhan pokok lainnya.

Untuk mengembalikan peran Bulog sebagai pengendali kebutuhan bahan pokok seperti dahulu, lanjutnya, diperlukan dukungan anggaran maupun dukungan politik.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement